Tujuan Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan kegiatan yang hampir setiap waktu kita lakukan, namun seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang sehingga seringkali diabaikan. Mencuci tangan memang suatu kegiatan yang paling mudah dilakukan dan sangat sepele tetapi mencuci tangan mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan.


Mencuci tangan menggunakan sabun bertujuan untuk menghilangkan kuman dan bakteri pada kuku tangan dan jari-jari anda.

Tangan meruupakan salah satu bagian pertama yang dimasuki kuman dan bakteri karena tangan paling aktif sehingga kuman tersebut dapat menyebar ke hidung, mulut, dan anggota tubuh lainnya yang dapat menyebabkan penyakit. Tangan bisa terkena kuman atau bakteri melalui makanan, minuman atau benda-benda lain yang menempel ditangan baik disengaja atau tidak disengaja. Selain pada diri sendiri, tangan juga merupakan sumber penyaluran kuman dari satu orang ke orang lainnya.

Ketika kuman atau bakteri menempel pada tangan kita maka akan menyebabkan suatu penyakit diantaranya yaitu flu, meningitis, hepatitis A,C (gangguan hati), penyakit kulit, gangguan usus dan diare.

Oleh karena itu, setelah kita mengetahui betapa bahayanya bakteri maka sebaiknya kita selalu ingat untuk mencuci tangan kita setelah selesai melakukan atau menyentuh sesuatu. Sebaiknya, anda juga harus mencuci tangan dengan menggunakan sabun, karena ketika kita hanya mencuci tangan menggunakan air tidak menutup kemungkinan adanya kuman atau bakteri yang masih tertinggal pada tangan.

Anda dapat mencuci tangan ketika sebelum atau sesudah masak karena untuk mencegah tersebarnya bakteri atau kuman yang menyebabkan makanan tidak sehat atau beracun, ketika sebelum atau sesudah makan, sesudah buang air kecil atau besar.

Ketika kita selesai buang air, kemungkinan besar akan terdapat sisa-sisa tinja yang masih menempel pada jari kita, oleh karena itu kita harus segera membersihkannya dan menghilangkannya dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun agar kotoran yang masih menempel segera hilang.

Anda juga dapat mencuci tangan ketika setelah mengganti popok bayi, sebelum menyusui, sebelum memegang buah hati, setelah memegang benda-benda kotor, berdebu dan berkarat dan juga ketika setelah bermain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tujuan Mencuci Tangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel