Cara Memandikan Bayi Prematur

Bayi yang terlahir premature akan mengakibatkan hipotermia. Oleh sebab itu bayi premature diharuskan mendapatkan perawatan yang khusus. Setiap ibu yang mempunyai bayi premature diharuskan memiliki ilmu tentang bagaimana cara memandikan dan merawat bayi premature Biasanya bayi premature yang baru dilahirkan tidak boleh dimandikan, tetapi akan diundur dalam beberapa hari kedepan sampai bayi memiliki keadaan yang stabil.


Memandikan bayi yang terlahir premature sebelumtali pusar lepas, ada baiknya diseka saja dan tidak dimasukan kedalam air. Memandikan bayi premature dapat menambah peningkatan ikatan antara orang tua dengan bayi. Sehingga ketika memandikan bayi harus menggunakam suasana tenang antar orang tua dengan bayi. 

Apabila bayi masih dirawat dirumah sakit biasanya bayi akan dimandikan oleh petugas rumah sakit. Ketika bayi sudah diperbolehkan pulang sering terjadinya kekhawatira orang tua untuk memandikan dan merawat bayi premature Adapun cara memandikan bayi prematur sebagai berikut :
  1. Sebelum bayi dimandikan seharusnya sudah disiapkan perlengkapannya, perlengkapan yang digunakan untuk memandikan bayi harus diletakan didekat bak mandi. Agar mudah dalam proses memandikannya.anda bisa meminta bantuan kepada suami maupun kepada anggota keluarga.
  2. Diusakan untuk menjaga suhu ruangan supaya tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin, suhu ruangan yang baik untuk merawat bayi premature bersisar 24 sampai 27 derajat celcius. Tutuplah jendela ruangan yang digunakan untuk bayi mandi dan sebaiknya tidak dalam keadaan berisik. Selama anda memandikan bayi anda juga bisa mengjaknya mengobrol menggunakan suara yang lemah lembut.
  3. Kemudia siapkan air hangat yang cukup untuk memandikan bayi.periksalah terlebih dahulu kehangata air tersebut sebelum digunakan untuk memandikan bayi. Temperatur air yang seharusnya digunakan oleh bayi adalah sesuai dengan suhu bayi.
Proses memandikan bayi
  1. Apabila perlengkapan yang digunakan untuk memandikan bayi sudah siap semua.anda dapat langsung memandikan bayi anda. Bukalah semaua pakaian yang dikenakan oleh bayi .
  2. Kemudian celupkanlah bayi dengan hati-hati secara perlahan ke dalam bak mandi yang sudah disediakan. Selama bayi dimandikan kalian harus selalu memperhatikan bayi apakah bayi merasa nyaman atau tidak nyaman.
  3. Bukalah kain atau selimut pada kulitnya di air, kemudian bersihkanlah wajarnya jangan menggunakan sabun. Dalm proses memandikan bayi anda harus memperhatikan lipatan-lipatan yang berada pada tubuh bayi
  4. Kemudian bilaslah menggunakan air bersih.segeralah keringkan bayi mrnggunakan handung yang berbahan lembut.
Setelah dimandikan
  1. Apabila tubuh bayi diraba masih terasa dingin lakukanlah, segeralah hangatkan dengan cara metode PMK ( perawatan metode kanguru)yaitu metode perawatan bayi diletakan di atas dada ibu. Apabila melakukan perawatan bayi harus diselimuti.
  2. Setelah selesai pakaikanlah kembali baju yang dikenakan oleh bayi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memandikan Bayi Prematur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel