Penyebab Bayi Prematur

Bayi yang normal dilahirkan dengan usia 37 minggu sampai 40 minggu. Bayi yang terlahir dibawah 37 minggu dapat dikatakan bayi premature. Makin jauh usia sang bayi senakin sedikit peluang bayi untuk hidup. Oleh karena itu sebab bayi terlahir premature harus diketahui oleh semua orang. Bayi yang terlahir dengan premature sudah pasti tidak diinginkan oleh setiap ibu hamil. 

Selain berat badan yang tidak normal bayi yang terlahir premature juga bisa disebabkan karena usia kandungan yang tidak normal. Bayi yang terlahir normal umumnya memiliki berat badan 2,5 kilogram sedangkan bayi yang terlahir premature tentunya memiliki berat badan yang kurang dari 2,5 kilogram. Ada beberapa faktor penyebab bayi terlahir premature:


1. Ibu memiliki fisik yang tidak sehat

Dengan kondisi yang tidak sehat pada ibu hamil itu menadi salah satu penyebab terjadinya bayi terlahir premature karena akan sangat perpengaruh pada kondisi janin yang terdapat pada rahim sang ibu. Misalnya dalam kehamilan sang ibu mengalami pre eklamsia ialah hipertensi yang terjadi pada kehamilan atau mengalami ekslamsi.

2. Merokok

Wanita yang mempunyai kebiasaan merokok mempunyai peluang bayi yang anda kandung akan memiliki peluang untuk terlahir premature. Apabila sebelu anda hamil sering merokok maka ketika sedang mengandung juga tidak bisa untuk berhenti merokok. Dengan gaya hidup yang salah yaitu merokok dan juga diikuti dengn mengkonsumsi obat-obatan yang dilarang dan juga gemar mengonsumsi minum-minuman keras.

3. Riwayat kehamilan

Ibu yang memiliki dan pernah mengalami kehamilan maka bisa jadi dapat melahirkan bayi premature pada kehamilan berikutnya.tidak hanya itu saja ibu hamil yang pernah mengalami krguguran atau aborsi sebelumnya maka aka nada peluang melahirkan bayi secara premature.

4. Kesehatan dan kondisi janin

Kondisi dan juga kesehatan janin pada ibu hamil juga menjadi salah satu faktor penybab terjadinya bayi terlahir premature. Missalkan janin yang mengalami kekurangan gizi dapat mengakibatkan lambatnya pertumbuhan dan perkembangan pada bayi. Bayi yang terkena infeksi di dalam kandungan dan juga terlilitnya simpul tali pusar sehingga nutrisi dalam kandungan menjadi lambat.

5. Psikologi

Psikis yang dialami pada ibu hamil juga bisa menyebabkan terlahirnya bayi prematur. Misalnya ibu merasa depresi, strres, cemas dan juga khawatir yang terlalu berlebihan pada ibu hamil akan membuat ibu tersebut melahirkan bayi premature. Oleh karena itu, ibu yang sedang mengandung garus pintar-pintar untuk menenangkan pikiranya.

6. Usia

Usia dibawah 20 tahun juga menjadi faktor penyebab lahirya bayi premature. Wanita yang menikah muda dapat mengalami hamil muda, kehamilan tersebut aka membuat wanita tersebut melahirkan bayi premature karena pada usia dibawah 20 tahun belum siap untuk menerima kehamilan dan belum mampu untuk melahirkan bayi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Bayi Prematur "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel